Uploaded with ImageShack.us

Rabu, 05 Desember 2012

Permainan Zaman Dulu dan Zaman Sekarang

       Indahnya permainan zaman dulu,ya mungkin itu yang dapat saya katakan sekarang,karena begitu menyenangkannya permainan zaman dulu.Berbeda dengan permainan anak-anak saat ini. Bisa jadi ini akibat dari lahan kosong yang semakin sedikit sehingga ruang bermain anak-anak pun semakin sedikit.dikarenakan oleh semakin berkurangnya lahan kosong untuk bisa dipergunakan anak-anak bermain.
      Anak-anak zaman dulu sebagian besar menghabiskan waktunya diluar rumah. Mereka bermain lebih memanfaatkan apa yang ada di alam sekitar.Permainan tradisional sering dimainkan saat itu,misalnya kelereng,layang-layang,congklak,egrang,petak umpet,dan tentunya masih banyak lagi.Kreatifitas anak-anak zaman dulu juga sangat baik karena memanfaatkan apa yang ada di sekitar mereka.Sosialisasi mereka satau sama lain antar teman juga baik,karena dengan permainan yang mereka mainkan bisa terjalin kerjasama,keakraban,meskipun terkadang ada pertengkaran,ya namanya juga anak-anak,hehe.



       Kondisi zaman sekarang mungkin karena keadaan yang tidak memungkinkan dan karena perintah orangtua sehingga kebanyakan anak-anak saat ini menghabiskan waktu di rumah.Mereka bermain playstation,ipad,komputer,dan teknologi canggih lainnya yang ada pada saat ini.Mereka hanya bisa mengolahragakan jari jemari mereka, sementara anggota tubuh yang lain terdiam.Parahnya lagi permainan seperti ini bisa dilakukan ber jam-jam bahkan sambil ngemil, sehingga mata mereka menjadi rusah dan bisa jadi obesitas (kegemukan).Mereka menjadi hanya bermain di depan komputer atau hp atau tv saja tanpa bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya sehingga itu mengganggu perkembangan pola pikir mereka.



     Keadaan memang beda, tentu hal ini harus disikapi bijak oleh para orang tua, sekolah dan pemerintah. Pemerintah harus mampu menyediakan lahan yang bisa digunakan anak-anak untuk bermain dan bersosialisasi. Menyediakan lapangan olah raga yang banyak sehingga tidak berebut dalam menggunakannya. Sekolah pun demikian, harus menyediakan fasilitas olah raga dan sarana bermain yang mencukupi agar anak-anak lebih kreatif dan lebih sehat.Jangan manjakan anak-anak dengan beragam games yang membuat ia tidak sempat bergerak, tidak sempat bersosialisasi bahkan jadi malas belajar.

       Ayo kita sama-sama negajak anak-anak jaman sekarang untuk bisa lebih mengenal permainan-permainan tradisional yang perlahan mulai hilang, jangan sampai permain tersebut hilang dan hanya menjadi sejarah bagi kita,para generasi yang sempat merasakan permainan-permainan tersebut sebelum datangnya permainan modern,dan tunjukkan bahwa permainan zaman dulu itu lebih mengasyikkan dan lebih sehat daripada zaman sekarang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar